Nasib Bahasa Daerah Dayak di Tengah Era Globalisasi

ywcan.orgBahasa Daerah Dayak adalah salah satu bahasa daerah yang menyumbang keragaman bahasa yang kaya di Indonesia. Seperti yang kita bersama tahu, Indonesia adalah Nusantara yang memiliki keanekagaraman suku dan budaya, tidak terkecuali bahasanya. Di samping bahasa Indonesia yang menjadi bahasa persatuan, hampir setiap suku di Indonesia juga memiliki bahasa daerahnya masing-masing, termasuk Kalimantan.

Bahasa daerah Kalimantan sendiri sebenarnya terdiri lebih dari 50 macam. Meskipun demikian, bahasa Dayak bisa dibilang merupakan yang paling dikenal sebagai bahasa daerah Kalimantan. Bagaimanapun, bahasa Dayak memang merupakan bahasa suku Dayak yang merupakan suku asli bumi Kalimantan. Tahukah Anda sedikit mengenai bahasa nusantara yang satu ini? Tahukah Anda akan adanya ancaman kepunahan bahasa daerah? Bukan hanya bahasa daerah Kalimantan, tapi juga daerah lainnya.

Bahasa daerah yang seharusnya hidup berdampingan dengan bahasa Indonesia dan bahasa asing kini sudah mulai kekurangan pijakannya di bumi Nusantara. Hal ini disebabkan oleh kurang populernya bahasa daerah dibandingkan bahasa nasional dan bahasa internasional, serta kurangnya intensitas pemakaian oleh masyarakat daerahnya sendiri karena era globalisasi dan kebutuhan untuk berbaur dengannya.

Penelitian menunjukan jika dari sekitar 50 bahasa daerah Kalimantan, satu di antaranya terancam punah. Lalu, bagaimanana dengan bahasa Dayak? Bukan tidak mungkin jika bahasa Dayak juga turut mengalami ancaman kepunahan, dan hal ini merupakan sesuatu yang harus dihindari, apalagi jika menyangkut kebudayaannya.

Kebudayaan dan bahasa suku Dayak adalah salah satu kekayaan Indonesia yang patut kita jaga. Beberapa usaha yang telah dilakukan pemerintah di antaranya adalah dengan menciptakan undang-undang mengenai bahasa daerah bahwa pemerintah daerah wajib mengembangkan dan melindunginya dan bahwa bahasa ini adalah bahasa yang digunakan secara turun-temurun di Indonesia. Karena selain masyarakatnya sendiri yang melestarikannya, siapa lagi?

bahasa daerah dayak

Recommended Posts